Sejak diluncurkan tahun 2006, G Suite for Education & Chromebook menjadi salah satu platform dan perangkat pendidikan yang mentransformasi sekolah, kelas, guru, dan siswa untuk menjadi institusi dan pembelajara digital yang relevan.

G Suite for Education di Seluruh Dunia

G Suite for Education & Chromebook ternyata sudah menjadi platform yang populer di berbagai negeara dari seluruh dunia. Berdasarkan portal internasional resmi dari Google for Education:

80 juta guru dari seluruh dunia menggunakan Google Suites for Education.

40 juta siswa dan guru dari seluruh dunia mengandalkan pada Google Classroom untuk mengelola kelas.

Lebih dari 30 juta menggunakan Chromebooks untuk memberi kesempatan kepada siswa untuk belajar baik di dalam dan di luar kelas.

Sumber: https://www.blog.google/outreach-initiatives/education/around-the-world-and-back/

Mengapa G Suite for Education?

Ppenggunaan Google Suite for Education menjadi populer karena fasilitas dan fitur yang menjadi dasar dan awal dari transformasi digital sekolah, guru, dan siswa.

Mulai dari fasilitas Gmail gratis yang diberikan untuk setiap guru dan siswa, penyimpanan Google Drive tak terbatas (unlimited) dan sistem manajemen informasi sekolah Google Classroom yang membantu guru memberikan penugasan kolaboratif dengan siswa bahkan hingga merekap nilai untuk menjadi rapot. Fasilitas ini membantu siswa mengenal email dan pengelolaan penyimpanan folder dan file yang akan menjadi dasar keahlian digital yang akan bermanfaat untuk dunia kerja mereka kelak.

Admin Console

Dengan sistem Admin, penggunaan G Suite for Education dapat dikelola dengan mudah, simpel, dan cepat untuk memantau penggunaan teknologi.

Sistem pembelajaran online dan blended Google Classroom juga menjadi solusi pengelolaan informasi belajar yang relevan dan berdampak. Anda dapat anda temukan informasi tentang fitur-fitur detilnya disini 

Google Classroom

Mengapa Chromebook?

Chromebook adalah laptop dengan sistem operasi (OS) Chrome yang banyak digunakan institusi pendidikan dan bisnis dengan sistem integrasi aplikasi Google yang simpel dan mudah.

Sinkronisasi: Chromebook dapat tersinkron dengan ponsel & tablet, dimana saja kapan saja dengan akun Google jadi kita dapat bekerja di Chromebook dan melanjutkan hasil pekerjaan kita di handphone / tablet yang lain. Dengan sistem integrasi Google, kita juga dapat dengan mudah berbagi file dan hasil kerja dapat dilakukan dengan cepat dan efisien.

Tidak ada virus. Chromebook tidak mengenal virus jadi memang sudah pasti aman dari serangan virus. 

Aplikasi Gratis Android PlayStore. Anda bisa mengakses aplikasi android gratis di Chromebook anda seperti Google Dokumen, Spreadsheet, dan Slide, yang memungkinkan kita membuat dokumen, spreadsheet, dan presentasiberkolaborasi dengan orang lain. Jadi tidak perlu kuatir akan kehilangan data karena semuanya akan tersimpan otomatis di Google. 

Sistem Operasi Chrome di Chromebook: Chromebook memperbarui sistemnya sendiri secara otomatis jadi tidak perlu mengunduhnya secara manual. Tidak seperti komputer tradisional, Chromebook diperbarui secara otomatis sehingga tidak melambat dari waktu ke waktuSelalu update. Otomatis.

Sistem Admin Chromebook. Seperti G Suite for Education, Chromebook dapat dikelola dari jarak jauh dan dipantau dengan otomatis.

Fitur lebih lengkap dan Chromebook yang saya rekomendasikan dapat anda temukan disini

Penggunaan di Asia Pacific

Bahkan, di Asia Pasifik sendiri penggunaan G Suite & Chromebook sudah mentransformasi sistem belajar seperti laporan berikut:

Di Jepang, sekolah negeri menggunakan G Suite dan Chromebooks untuk membantu siswa belajar programming dan memfasilitasi kolaborasi siswa dan guru.

Di Australia dan New Zealand, semua siswa sekolah menengah di Canberra menggunakan Chromebooks di tahun 2018. Di New Zealand, Chromebook menjadi pilihan utama sejak tahun 2017. Untuk menjamin keamanan perangkat, penggunaan uang dan waktu guru dan IT Admin, menteri pendidikan di New Zealand menyediakan License Pendidikan Chrome untuk semua state-integrated schools di bulan November 2018.

Sumber: https://www.blog.google/outreach-initiatives/education/around-the-world-and-back/

G Suite for Education & Chromebook Traning di Indonesia

Penggunaan di Indonesia

Di Indonesia, Situbondo menjadi salah satu kabupaten yang mulai mengadopsi G Suites & Chromebook untuk sekolah-sekolah negeri yang ditunjuk menjadi pilot projectnya.

Mereka memiliki visi bagaimana Chromebook dapat menjadi perangkat yang bermanfaat untuk memfasilitasi UNBK dan pembelajaran interaktif di sekolah negeri di daerah ini. Anda bisa melihat detil transformasi digital di Sekolah Situbondo disini: https://edutechers.com/?p=11313

Oleh sebab itu, penggunaan G Suite for Education dan Chromebook akan menjadi awal transformasi digital yang akan mentransformasi cara belajar dan mengajar di sekolah. Anda bisa melihat kisah transformasi digital di Sekolah Situbondo disini: https://edutechers.com/?p=11313

G Suite for Education & Chromebook Traning di Indonesia

Apakah anda dan sekolah anda siap menjadi bagian transformasi digital sekolah dengan G Suites & Chromebook?